Jumat, 13 Februari 2015

Rabu, 30 Mei 2012

CARA MEMINDAHKAN KOLONI LEBAH LIAR KE KOTAK BUDIDAYA (STUP)


CARA MEMINDAHKAN KOLONI LEBAH LIAR KE KOTAK BUDIDAYA (STUP)




Jenis yang akan di pindahkan adalah jenis lebah lokal (apis cerana) karena masih banyak terdapat di alam, misal di rongga-rongga batang pohon, di lubang-lubang tanah, dan kadang terdapat di rumah-rumah penduduk.
Apis cerana bisa di pindahkan kedalam stup budidaya untuk di budidayakan, namun lebah jenis ini agak sedikit ganas dan suka berpindah-pindah tempat.
Alat – alat yang di perlukan :
Masker pelindung wajah bagi pemula
Sarung tangan
Alat pengasap atau apa saja (bisa menggunakan asap rokok, dll
Tali /benang
Lampu senter (karena waktu pemindahan dilakukan pada malam hari)
Kotak budidaya lebah ( STUP)
Kotak ratu / kandang ratu.

Langkah – langkah sebagai berikut :
Bersihkan  lokasi telebih dahulu dari rumput atau apapun (apabila lokasi berada di lubang-lubang tanah) agar kita leluasa dalam bergerak.
Pakailah masker untuk melindungi wajah dan sarung tangan agar dapat menahan sengatan lebah.
Hembuskan asap ke koloni lebah tersebut secara merata. Tujuan pengasapan agar lebah menjadi lebih jinak.
Setelah kira –kira proses pengasapan cukup mulailah dengan mengambil sisiran sarang satu persatu, lalu ikatkan pada bingkai sisiran stup 2-3 sarang yang masih baik. Usahakan sisiran sarang yang digunakan  masih terdapat telur, larva,kepompong, pollen,dan madu
Dekatkan stup ke sarang lebah agar  memudahkan dalam pemindahan koloni.
Waktunya mencari sang ratu, biasanya ratu berada di dalam kerumunan lebah-lebah pekerja. Cari sampai ratu di dapat, masukkan ke dalam kandang ratu yang telah disiapkan atau bisa juga dengan mengikat kaki ratu dengan benang atau dengan memotong sayapnya. Dengan tujuan agar ratu tidak kabur dari stup.
Masukkan ratu kedalam stup,dan masukkan juga kurang lebih setengah dari koloni yang ada kedalam stup. Tinggalkan lokasi beberapa saat agar lebah dapat tenang. Biarkan sampai lebah yang tersisa mengetahui keberadaan ratunya dan ikut masuk ke kotak.
Setelah lebah masuk semuanya kotak dapat ditutup dan siap untuk dibawa ke tempat budidaya.keesokan harinya pintu dapat dibuka.
Catatan: dalam minggu – minggu pertama stup jangan dipindah – pindahkan dahulu biarkan lebah merasa tenang terlebih dahulu.

Sumber :bp adi p,jateng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar